Minggu, 29 Desember 2019

Cara Hasilkan Dollar Lewat Survei Online

Inilah sekelumit cerita saya dalam menghasilkan dollar lewat survei online.
Suatu hari di akhir bulan September 2016 saya tidak sengaja melihat iklan survei online di Twitter. Info di iklan tersebut bahwa survei online akan membayar atau memberi imbalan, penasaran saya klik dan mulailah saya bergabung ke panel survei tersebut. 
Saya sudah agak lupa apa panel survei yang saya ikuti pertama kali, seingat saya sepertinya iPanelOnline. Setelah itu saya mulai berburu informasi mengenai apa itu survei online. Lalu, saya menemukan beragam informasi yang membuat saya semakin antusias untuk mengetahui lebih jauh mengenai survei online. Di saat itu saya sedang menganggur setelah usaha warung ayam geprek saya tutup dan saya sedang berusaha melamar pekerjaan lagi. Dan entah kenapa saya tidak suka dibilang menganggur.
Selain kesibukan menulis naskah buku, akhirnya saya mulai menggeluti dunia survei daring ini. Situs-situs survei online mulai saya tambahkan ke bilah markah (bookmark) di peramban saya dan setiap harinya saya buka situs dan panel survei tersebut untuk mengecek apakah ada survei baru yang dapat saya kerjakan atau tidak.
Di tahun 2017 saya sempat ogah-ogahan aktif di survei online karena sibuk bekerja kantoran lagi. Tapi, masih tetap saya usahakan membuka setiap situs panel survei setiap jam istirahat. Karena saya bekerja di luar kota dan butuh tambahan penghasilan untuk membayar sewa kost, membeli kosmetik, jalan-jalan dan jajan, hehehe.
Dan dimulai lagi dari 2018 sampai dengan saat saya menjawab pertanyaan ini, saya berusaha terus aktif di survei online.
Rekening PayPal saya hanya khusus saya gunakan untuk menerima dana dari survei online. Mudah-mudahan ke depannya bisa bertambah untuk menerima penghasilan online lainnya berjualan daring atau mengerjakan remote-jobs.
Ini adalah rangkuman penghasilan saya dari survei online selama kurun waktu 3 tahun:

Penghasilan Survei Online

Sepertinya kurang membuat semangat, ya? Karena sejujurnya pendapatan dari survei daring itu sangat fluktuatif dan tergantung pada tingkat kerajinan dan keuletan kita mengerjakan survei setiap harinya. Survei online juga disarankan tidak untuk dijadikan penghasilan utama melainkan penghasilan tambahan. 
Saya bisa mendapatkan hasil yang memuaskan karena di rentang waktu September 2018-Desember 2019, saya tergabung di sebuah komunitas tertutup yang memberikan banyak sekali kegiatan berimbalan Pound Sterling. Saya pernah mendapat satu survei dengan imbalan £25 GBP atau setara dengan Rp. 450.000,-. Komunitas tersebut baru saja ditutup karena semua proyek mereka telah selesai.
Saya terbiasa menunggu saldo terkumpul banyak dulu di PayPal baru saya cairkan. Dari hasil survei beberapa bulan lalu saya bisa membeli ponsel baru, yang meski tidak canggih-canggih amat tapi sudah sesuai dengan kebutuhan saya.
Demikianlah cerita pengalaman saya mengikuti survei online. Sampai jumpa pada tulisan terbaru berikutnya!

15 komentar:

  1. Hai ka,
    Aku juga sempat beberapa kali nyobain daftar di beberapa web survey cuma sampai saat ini belum ada yang sampai ditukar poin dan withdrawl, mungkin karena saya ga sabaran, karena jumlah minimum poin yg ditukar ada yang memang membutuhkan banyak menyelesaikan survey

    Pertanyaannya, panel survey apa yang recommended dibayar beneran via paypal? Dan cepat mengumpulkan poin sehingga bisa cepat ditukar pula hehe

    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan di baca di sini:

      https://surveionlinedibayardollar.blogspot.com/2019/10/link-survei-online.html

      Hapus
  2. Terima kasih min, min ada ig? Ingin sharing di dm, thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan semua pertanyaan bisa dilontarkan di sini dan akan saya bantu jawab.

      Hapus
  3. Hebat bisa dpet berjuta juta, saya setahun aja paling mentok sejuta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awal memulai dulu juga sebulan hanya ratusan ribu, kok.

      Hapus
  4. Halo ka, ka ada info komunitas seperti yang dimaksud kaka komunitas tertutup atau komunitas sejenisnya? terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bisa mengikuti komunitas tertentu biasanya undangannya juga berasal dari survei. Kebanyakan survei dari Toluna.

      Jika tertarik mengerjakan proyek tertentu (remote-job) bisa mencoba situs seperti Appen, WorkMarket dan Testable Minds.

      Hapus
  5. Halo mba, blog nya bagus sekali, jadi tau banyak soal dunia survey2 ini, awalnya liat mba di Quora, dan semakin tertarik setelah mengunjungi blog ini sering2. Mba banyak membantu saya sekali.


    Ngomong2 saya ada liat mba ikut di projek asuransi(enginehives) juga hehehe untuk yg tgl 1-3 sept, ini baru pertama kalinya saya dapat mengikuti projek seperti itu, boleh dijelaskan ga mba itu gimana jalannya. Saya bingung, apakah nantinya membutuhkan webcam atau tidak dan lupa jam berapa akan dimulai :/
    Tolong pencerahan nya mba :)
    Terima kasih❤

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Putri, terima kasih sudah mampir ke blog ini.

      Saya juga baru sekali mendapat undangan di Engine Hives, biasanya saya mendapat undangan dari Discuss.io atau kemarin yang terbaru dari Refresh Me (survei diari berturut-turut selama 2 hari).

      Sejauh yang pernah saya ikuti, bentuk diskusi biasanya akan dipandu oleh moderator. Jadi, moderator akan melontarkan pertanyaan/topik, peserta akan diminta untuk menanggapi. Karena saya juga baru diundang, saya belum tahu bentuk diskusinya hanya dalam bentuk text-chat atau webcam.

      Untuk jam berapa waktu diskusi tinggal login saja sebelum tanggal diskusi atau biasanya akan mendapat email konfirmasi.

      Hapus
    2. Oh begitu ya mba, Terima kasih banyak atas penjelasannya :)

      Hapus
  6. Mba maaf saya datang lagi kesini mau tanya itu kenapa ya reward nya sudah hampir 3 Minggu tidak diberi juga? Saya kurang paham dan juga project nya sudah ditutup tapi tidak ada keterangan apapun dari moderatornya. Apa tidak usah berharap lagi kali ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin saya hubungi support project dan saya mendapat jawaban untuk menghubungi panel survei/situs di mana kita mendapat undangan project tersebut tapi pada akhirnya belum ada tindak lanjut sampai saat ini.

      Coba kamu hubungi support dari situs Hives nanti emailnya akan dibalas dan diberikan alamat email penanggung jawab project.

      Hapus
    2. Sudah mba, sudah dikonfirmasi bahwa reward akan sampai dalam 2-3 Minggu ke depan. Ternyata cukup lama juga, tapi setidaknya saya tidak perlu khawatir lagi hehe

      Hapus
    3. Yup, saya juga sudah update di blog ini, hehe:

      https://surveionlinedibayardollar.blogspot.com/2020/09/konfirmasi-pengiriman-hadiah-project.html

      Kalau dari Dynata pasti dibayar karena salah satu lembaga survei terpercaya.

      Hapus

Rekomendasi Situs Survei Terpercaya