Hai teman-teman semuanya,
Kali ini saya ingin membahas mengenai serba-serbi platform kerja UHRS dan bagaimana cara kerjanya. Saya sendiri bekerja di UHRS melalui Clickworker, silakan cek pada postingan saya sebelumnya mengenai UHRS di Clickworker.
Sebenarnya kiat utamanya adalah memahami guidelines dulu baru bekerja. Berikut adalah istilah yang ada di platform UHRS.
Marketplace adalah tempat di mana HIT Apps alias tugas atau pekerjaan tersedia. Biasanya kalau sedang banyak sekali tugas tersedia, bisa sampai 40 HIT App. Kategorinya bermacam-macam, ada Search relevance atau Image/text/video annotation dan lainnya.
HIT App artinya ketersediaan tugas dan pekerjaan. Dari kategori tadi bisa dibagi lagi semisal jadi 40 HIT App. Tidak bisa saya sebutkan satu-persatu tapi kalau ada yang ingin ditanyakan bisa ditanyakan melalui kolom komentar.
Ketersediaan HIT App tidak menentu waktunya tapi biasanya selalu update. Banyak HIT App juga belum tentu menjamin sedang banyak HIT atau tugas, meskipun HIT yang tercantum misal ~1000 HIT, ~500 HIT, dll, tidak menjamin sedang banyak tugas di waktu tersebut.
Tapi, berdasarkan pengamatan saya selama kurang lebih 4 bulan bekerja di UHRS, tugas banyak dirilis hari Rabu s/d Jum'at.
Guidelines selalu tersedia di setiap HIT App. Ada yang 'menempel' di HIT App-nya langsung, ada yang bisa diunduh. Ini penting sekali, ini adalah 'koentji' bekerja di UHRS.
Training artinya trial and error dalam mengerjakan tugas. Beberapa akan ada pop-up message yang menerangkan kenapa jawaban benar atau kenapa jawaban salah. Ini sangat membantu dan bisa dijadikan bahan pembelajaran sambil bolak-balik mencocokkan dan memahami guidelines.
Qualify artinya Anda akan dites sebelum masuk ke pekerjaan sesungguhnya. Biasanya Anda akan diminta mengerjakan 10–20 HIT. Sebaiknya gunakan waktu ini untuk sekalian mengetes diri sendiri, apakah Anda sudah memahami guidelines yang diberikan? Beberapa tugas ada yang tetap menunjukkan pop-message ada juga yang tidak. Pastikan mengerjakan tugas dengan teliti, usahakan benar semua, kalau salah minimal satu atau dua saja agar bisa lolos lalu bekerja.
Start artinya bisa langsung mengerjakan tugas yang tersedia dan barulah pekerjaan di sini mulai dibayar. Di sini tingkat kesabaran dan keimanan Anda akan diuji, seberapa jauh Anda sudah memahami guidelines? Terkadang ada HIT 'jebakan' yang merupakan tes kualifikasi tersembunyi agar Anda tetap mematuhi guideline, maintain quality dan tidak memberikan jawaban spam.
Duration, di setiap HIT Apps akan tercantum durasi yang disarankan untuk pengerjaan tugas, misal 9 sec/HIT, 25 sec/page, 32 sec/HIT, 40 sec/HIT dan seterusnya. Ini bisa menjadi acuan supaya tidak terlalu cepat atau terlalu lama mengerjakan satu HIT. Di setiap HIT juga akan ditampilkan durasi count-down yang diberikan dalam satu HIT, misal 20 menit, 9 menit dan lainnya.
Saatnya beralih ke halaman Report. Di sini akan tampil hasil atau pendapatan kalian dalam rentang waktu yang dipilih. Saldo di Report UHRS biasanya akan update setiap 20-30 menit sekali.
Di halaman Report akan ada yang namanya kolom Spam Accuracy, ini adalah kontrol kualitas pekerjaan di UHRS. Usahakan selalu di atas 75% per hari supaya tidak diblokir di suatu HIT App. Memang blokir akan dibuka kembali keesokan harinya, tapi kalau terus-menerus diblokir sebanyak tiga kali berturut-turut, alhasil akan diblokir permanen dan tidak bisa bekerja lagi di HIT App-nya. Meski pun beberapa bulan kemudian tetap bisa mengikuti Training dan Qualify ulang di HIT App yang sudah diblokir tersebut, namun akan disayangkan jika sedang banyak HIT tapi terlanjur diblokir.
Choose best description of query intent ini memang tidak ada spam accuracy-nya, jadi saya bebas melenggang semau saya di HIT App ini, kecepetan juga tidak masalah.
Search Satisfaction ini pekerjaan yang selalu ada setiap hari dan sampai sekarang saya masih rutin mengerjakan HIT App ini. Ada juga HIT App yang menghilang tanpa jejak padahal saya ingat statusnya tidak diblokir permanen, kalau tidak salah QC Result nama HIT App-nya.
Mari kita lihat HIT App apa saja yang paling banyak saya kerjakan dalam 4 bulan ini. HIT App yang lainnya nanti bisa dilihat sendiri di UHRS, ya teman-teman.
Tampilan HIT App yang paling banyak dikerjakan selama 4 bulan terakhir. |
The most favourite HIT App saya adalah Describe intent for the query yang memang ketersediaan tugasnya sedikit dan jarang tapi menyenangkan untuk dikerjakan. Tugasnya adalah mengetikkan user query intent. Kalau diketikkan dengan rapi, minim typo, memerhatikan tanda baca atau grammar, bisa mendapatkan bonus. Satu tugas nilainya $0.10, bonusnya $0.50 per tugas, jadi earning cepat bertambah karena ada bonusnya.
Kembali lagi ke kiat bekerja UHRS:
- Jangan membuat double-account hanya demi mengejar cuan, ya. Daripada nanti di-banned permanen dua-duanya atau yang paling parah nanti IP address-nya yang diblokir jadi tidak bisa daftar lagi dari platform mana pun.
- Untuk yang baru bergabung sebaiknya ambil qualify yang tugasnya mudah terlebih dulu dan yang kira-kira ketersediaan tugasnya banyak. Fokus pada beberapa HIT App saja dan jika sudah semakin percaya diri, silakan ambil qualify untuk HIT App yang lain.
- Usahakan mengambil qualify di waktu luang ketika pikiran benar-benar adem dan tidak ada distraksi.
- Pahami guidelines, please jangan hanya dibaca sambil lalu saja. Ini adalah panduan dan harus benar-benar dipahami. Anggap juga ini sebagai latihan memahami kalimat dalam bahasa Inggris karena selama bekerja di UHRS, bahasa Inggris adalah modal utama.
- Perhatikan durasi pengerjaan HIT yang disarankan supaya tidak kelamaan atau kecepetan. Ini gunanya untuk meminimalisir spam accurarcy. Usahakan setiap HIT App, spam accuracy-nya selalu di atas angka 75% per hari supaya tidak diblokir pada hari itu.
Semoga saran dan kiat ini bisa berguna untuk teman-teman yang baru akan memulai bekerja di UHRS, selain memahami guidelines, kuncinya adalah tekun dan mau terus belajar.
Selamat bekerja!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar